Kamis, 29 Oktober 2009

whADdoyouthink about Digital Insight?

Perkembangan dunia digital memang sangat menyenangkan! Namun perkembangan itu ternyata tak merata di setiap Negara.. khususnya di Asia Pasifik. ADMA (Asia Digital Marketing Association) sempat membahas perkembangan bisnis digital negara-negara Asia Pasifik. Inilah yang bisa menjadi insight tersendiri dalam beriklan di dunia digital, khususnya di berbagai belahan Negara Asia Pasifik. Berikut kami (Anastasia Triguna) akan berbagi cerita mengenai insight dalam digital business di dunia digital .





China--- Negara ini merupakan pengguna online terbesar di dunia. Maka tak heran jika negara ini memiliki komunitas blog terbesar. Selain itu, data dari ADMA juga menunjukan bahwa tercatat terdapat 120.000.000 online gamers yang bias dijadikan lahan beriklan. Populasi mobile phone terbesar pun terdapat di Negara ini.

Jepang--- ADMA mencatat bahwa lebih dari $8 revenue digital berasal dari mobile content. Data juga menunjukan bahwa sudah 50 % dari barang yang dibeli online dilakukan lewat mobile phone. Hal itu menjukan bagaimana luar biasanya, mobilitas perdagangan dalam dunia online. Selain itu, Jepang juga menguasai 40% revenue mobile data di dunia. Di Jepang juga tercatat, bahwa akan menjadi pasar terbesar di duina untuk mobile video. Dalam dunia music pun, di Jepang tercatat bahwa mobile music mampu menguasai 90% dari semua penjualan music digital. Wow….

Singapore--- Data mencatat bahwa 82% warga Singapura sudah melakukan pembelian online dan diperkirakan bahwa Online Advertising akan mengambil alih media tradisional pada tahun 2010. Tercatat juga bahwa warga singapura memiliki tingkat kepercayaan yang lebih tinggi kepada informasi di website daripada iklan televise. Dan menurut data (bulan April 2009), Penetrasi mobile di negeri ini sudah mencapai 122,5%.

Indonesia--- Di Negara kita sendiri, terjadi pertumbuhan yang sangat dahsyat! Yakni tercatat ada pertumbuhan populasi online sebesar 900% sejak tahun 2000. Pasar online travel diperkirakan juga akan tumbuh 70-83% sampai 2010. Secara bangga pun, ADMA mencatat bahwa Indonesia memiliki pengguna SMS terbanyak di Negara-negara Asia Pasifik. Indonesia juga mencatat sebagai pasar nomor 3 terbesar di dunia dalam hal penggunaan ringback tones. ADMA memperkirakan akan menjadi pasar terbesar kelima untuk mobile ad

Malaysia--- Di Negara serumpun dengan Indonesia ini, tercatat bahwa 70% warga Malaysia membeli online di tempat yang sama. Warga Malaysia pun memiliki tingkat kepercayaan tertingi terhadap merek-merek digital di Asia. Penetrasi mobile di negeri jiran ini pun sudah memasuki angka 85%. Pasar online di Malaysia pun bias bertumbuh sedikitnya 10% pada tahun 2012/

India--- Di Negara ini, game online mampu memnberikan revenue sampai $ 6.37 juta dollar. India pun menjadi pasar mobile phone terbesar kedua setelah China. Selain itu, online travel mampu member sumbangan sebesar 50% dalam revenue e-commerce.

Australia--- Australia memiliki tingkat penetrasi internet tertinggi di Negara-negara Asia Pasifik. Dan, hamper sepertiga pengguna internet melakukan pembelian online. Tahun 2009 ini, diperkiran 10% budget iklan sudah masuk dalam media online. Riset juga membuktikan bahwa tenyata waktu untuk online

Dalam digital marketing, insight menjadi hal yang utama. Karena tak mungkin kita sebagai pengiklan memakai kendaraan internet tanpa tahu yjuan dan arah yang jelas. Maka riset dan data merupakan sauatu hal yang sangat penting dalam digital relationship marketing ini. Jika perlu, jangan beriklan di internet jika tanpa data insight dan riset yang memadai!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar